Surat Gembala

Menyambut Tahun 2022

Dari Meja Gembala Sidang

Selamat Tahun Baru 2022 ! Puji syukur kepada Tuhan yang membawa kita melewati tahun 2021 dalam pertolongan dan belas kasihNya. Tahun 2021 diwarnai dengan berbagai kesulitan yang luar biasa karena pandemi Covid-19. Kita masih merasakan akibatnya yang telah mengguncangkan banyak aspek hidup kita: baik pribadi, keluarga, usaha, pelayanan dan misi kita. Pandemi itu juga ternyata turut mempengaruhi iman, kesehatan mental, kesulitan ekonomi, keharmonisan keluarga kita, dst. Maka, jika kita bisa ada sekarang dan bisa memasuki tahun ini, pertama tama perlu bersyukur karena Tuhanlah yang sudah membuat kita melewati semua itu.

Tema gereja kita tahun 2022 ini adalah Be Transformed to Transform (Diubah untuk Mengubah). Tema ini menyiratkan merindukan kita akan adanya perubahan (transformasi) untuk menjadi semakin baik, semakin indah, dan semakin memuliakan Tuhan. Tanpa pengalaman transformasi dari Tuhan kita tidak dapat benar benar menjadi lebih baik dan memuliakan Tuhan.

Pandemi yang kita alami ini telah mendorong kita untuk be transformed sesegera mungkin sesuai firman Tuhan. Baik di area personal, keluarga, pelayanan dst. Kita harus meresponi dengan tepat. Bagi sebagian orang dan pelayanan, pandemi ini merupakan telah merupakan killing field yang mematikan. Tapi bagi orang lain, pandemi ini rupanya dapat juga menciptakan landscape dan kesempatan baru.

Ada dua bagian firman Tuhan yang menjadi landasan tema transformasi di tahun 2022, yakni Yesaya 40:31 dan Roma 12:1-2. Firman Tuhan tersebut menegaskan bahwa mereka yang menantikan Tuhan akan diubah oleh kekuatan Tuhan untuk melangkah, berlari dan terbang tinggi. Juga firman Tuhan itu menegaskan perlunya kita memiliki transformasi pikiran agar kita tidak menjadi sama dengan dunia, tahu membedakan kehendak Allah, dan apa yang berkenan kepadaNya dan sempurna. Karenanya, kita harus sungguh sungguh menyediakan hati, pikiran dan seluruh diri kita untuk diubahkan Tuhan.

Dalam konteks transformasi pelayanan, kita perlu memperjuangkan beberapa hal penting, a.l: peningkatan kualitas dan regenerasi kepemimpinan; adanya rancangan onsite-online ministry yang proporsional; kemajuan pelayanan pemuridan (discipleship - CG) yang semakin berkualitas dan berpengaruh; peningkatan  family ministry yang semakin memperkokoh keluarga keluarga; pelayanan penjangkauan (reach-out) onsite dan online yang semakin menjangkau banyak orang; dan model pelayanan yang semakin relevan dan efektif.

Banyak sekali pekerjaan rumah (PR) transformasi yang harus kita kerjakan di tahun 2022. Marilah kita tanggalkan segala perkara yang tidak perlu dan sia sia dan melangkah lebih baik lagi. Kiranya Tuhan menolong terjadinya transformasi pribadi, keluarga, usaha-pekerjaan, pelayanan, dan misi kita yang semakin Tuhan. Soli Deo Gloria !

Ketua Umum GII Hok Im Tong,

Pdt. Agus Gunawan, Ph.D