Caregroup umum

Spirit of excellent

Daniel 6:4

Ekspresi Pribadi

Untuk bisa bersaing di dunia kerja, spirit of excellent menjadi salah satu factor yang paling menentukan. Oleh karena itu di USA ada beberapa organisasi yang memberikan Spirit of Excellent Bussiness Award. 

Eksplorasi Firman

Daniel merupakan salah satu tokoh di PL yang memiliki spirit of excellent. Secara kualitas Daniel tidak diragukan, dia merupakan salah satu kandidat terbaik dari antara para buangan untuk bekerja di dalam istana raja (1:4). Berikut ini beberapa hal yang bisa kita pelajari dari spirit of excellent Daniel:  

  1. Concistency in His Spirit of Excellent
    Penerima Spirit of Excellent Bussiness Award seringkali berganti dari tahun ke tahun karena orang yang menang di tahun ini belum tentu mampu secara konsisten menjaga spirit of excellent nya di tahun berikutnya.
    Berbeda dengan Daniel, spirit of excellent yang dia miliki dia kerjakan secara konsisten. Ketika Daniel masih di negara nya dia telah menunjukkan spirit of excellent, ketika dia berada di pembuangan spirit of excellent itu tidak hilang bahkan semakin meningkat (1:19-21) sehingga dia diangkat menjadi penguasa atas seluruh wilayah Babel (Daniel 2:48). Spirit of excellent terus berkembang sehingga raja menjadi semakin percaya kepada dia (6:3). Daniel menunjukan spirit of excellent bukan saja ketika dia berada di posisi atas, namun juga ketika menghadapi bahaya dan bahkan ancaman kematian. (6:5).
  2. The Spirit of God as the Source
    Penerima Spirit of Excellent Bussiness Award biasanya adalah orang-orang yang cakap dalam prestasi kerja sehingga setiap orang dituntut untuk mengembangkan diri.
    Spirit of excellent yang Daniel miliki tidak murni berasal dari dirinya sendiri. Rahasia keberhasilan Daniel adalah relasinya dengan Tuhan. Tuhan menolong Daniel untuk memiliki spirit of excellent dalam berelasi (1:9), spirit of excellent dalam berbagai hikmat dan pengetahuan (1:17; 2:19-20), spirit of excellent dalam keberaniannya menegur raja yang berbuat dosa (4:27), spirit of excellent dalam hal mengelola pemerintahan (6:1-3), spirit of excellent dlm menghadapi krisis (6:5-6, 23).
    Bahkan raja pun mengakui bahwa Daniel penuh dengan roh para dewa sehingga dia memiliki kecerdasan yang luar biasa (5:14) artinya raja mengakui bahwa tidak mungkin seseorang memiliki hikmat dan pengetahuan seperti Daniel kalau sumbernya bukan berasal dari Tuhan. Di pasal 6 kita membaca bahwa para musuh Daniel tidak dapat menemukan kesalahan Daniel kecuali dalam hal ibadahnya kepada Tuhan (6:6). Sumber dari spirit of excellent yang dimiliki oleh Daniel adalah berasal dari Allah.
  3. Spirit of excellent in Trials and Tribullations
    Salah satu yang menjadi kriteria penilaian dari Spirit of Excellent Bussiness Award adalah kemampuan dari perusahaan dalam menyelesaikan masalah, dan banyak perusahaan yang gagal dalam hal ini sehingga spirit of excellent yang tadinya ada menjadi rusak.
    Daniel seringkali menghadapi masalah untuk menguji spirit of excellent yang dia miliki. Di pasal 1 kita langsung dapat menemukan ujian pertama, Daniel diangkut ke dalam  pembuangan. Setelah dia berhadapan dengan pilihan untuk kompromi atau tidak (1:8-15). Di pasal 2 dia berhadapan dengan raja yang sangat kejam, resiko dari tugas ini adalah hukuman penggal kepala (2:5, 14-20). Di Pasal 5, raja meminta Daniel untuk menafsirkan mimpi, Daniel berani dengan jujur menyampaikan arti mimpi itu sekalipun isinya berupa teguran kepada raja. Di Pasal 6, Daniel menghadapi politik kotor, banyak orang menjadi iri hati dengan keberhasilannya dan berusaha menjatuhkan dia, namun mereka tidak dapat menemukan kesalahan apapun dalam diri Daniel (6:5) sehingga mereka harus menjebak Daniel dalam hal ibadahnya kepada Tuhan dan akibatnya Daniel menghadapi gua singa.
    Dari berbagai peristiwa tersebut kita bisa melihat bahwa dengan mengembangkan spirit of excellent bukan berarti kita akan kebal terhadap masalah. Akan tetapi apabila yang menjadi sumber dari excellency kita adalah Tuhan maka Tuhan akan terus menyertai kita.
  4. Spirit of excellent For God’s Glory
    Selain mendapatkan piala Spirit of Excellent Bussiness Award membuat nama perusahaan yang menang menjadi masyur. Mereka semakin dipercaya dan rating mereka menjadi semakin meningkat.
    Spirit of excellent yang Daniel miliki tidak hanya memberikan keuntungan kepada dia tetapi juga kemuliaan bagi Tuhan. Kepada Raja Nebukadnezar Daniel bersaksi bagaimana Allah menolong dia dalam mengerjakan tugas menafsir mimpi(2:27-28) dan itu membuat Raja Nebukadnezar memuji Allah Daniel (2:47). Hal yang sama terjadi di pasal 4, sampai Raja Nebukadnezar menyatakan imannya kepada Tuhan (4:37). Di pasal 6 setelah Daniel lepas dari gua singa raja Darius memberikan perintah agar semua rakyat menyembah kepada Allah Daniel, "Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar kepada Allahnya Daniel, sebab Dialah Allah  yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir. Dia melepaskan dan menolong, dan mengadakan tanda dan mujizat  di langit dan di bumi, Dia yang telah melepaskan Daniel dari cengkaman singa-singa." (6:26-27).

Aplikasi Kehidupan

profil murid

PENDALAMAN

Bagaimana Anda menunjukkan spirit of excellent dalam kehidupan Anda? Apa yang menjadi sumber dari excellency Anda? Apakah spirit of excellent yang Anda memiliki membawa kemuliaan buat Tuhan ?

PENERAPAN

Jika Anda belum merasa memiliki spirit of excellent bagaimana Anda mengusahakannya? Langkah konkrit apa yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan spirit of excellent ?

Saling Mendoakan

Akhiri Care Group Anda dengan saling mendoakan satu dengan yang lain